Thursday, July 9, 2015

Harga Kucing yang relatif

Harga Kucing itu relatif,

Begini ceritanya...

Beberapa minggu terakhir, Prabu Cattery banyak berhubungan dengan calon adopter, dikarenakan ada beberapa kucing yang available (link ada disini jual kucing ). Sebagaimana cattery pada umumnya, banyak calon adopter pemula yang masih kaget dengan mahalnya biaya adopsi kucing. Tentunya mereka juga akan kaget ketika tahu mahalnya biaya perawatan kucing di cattery sehari-hari. Pernah juga kami tulis disini http://prabucats.blogspot.com/2014/03/mengapa-harga-kucing-ras-mahal.html

Sekedar berbagi pengalaman, kami pun pernah dalam posisi yang sama. Ketika baru mencari kucing kami yang pertama. Dengan pengalaman tersebut, maka tulisan ini ada, untuk berbagi :)

  • Saya sanggupnya pelihara pet atau breed quality saja, sepertinya masih kemahalan untuk kucing show
Bisa benar, bisa tidak. Jika tujuan kita pelihara kucing hanya untuk satu ekor saja, dan kucing di steril (neuter/spay) tentunya tidak masalah. Namun apabila ada niat breeding atau akan mengawinkan kucing tersebut kedepannya, atau malah ada niat menjadi cattery, maka akan ada sedikit permasalahan. 

Mengapa kami anjurkan untuk pelihara kucing kualitas show? karena akan terbukanya kesempatan menjadi cattery.

Mengapa harus menjadi cattery?

- Pertama, kita akan tertib breeding. Mengikuti standarisasi asosiasi kucing internasional seperti CFA dan FIFe/ICA

- Kedua, anakan yang dihasilkan relatif lebih baik kualitasnya. Karena indukannya show quality

- Ketiga, ketika bertemu masalah overpopulasi, akan lebih mudah untuk mencari adopter. Karena asumsi kucing-kucing yang dihasilkan bagus-bagus karena induk show quality. Bayangkan dari kucing sepasang kita akan beranak-pinak menjadi puluhan.

- Keempat, harga jual kucing yang relatif bagus ketika ada anakan. 

Mengapa peduli-kan harga jual? Materialistis sekali cattery?
Percayalah, biaya perawatan kucing masih selalu lebih mahal dari harga jual kucing. Paling tidak hobi kita ini bisa membiayai dirinya sendiri, untuk pembelian makanan kucing, vitamin kucing, vaksin, gaji cattery boy/girl, obat-obatan, grooming, listrik ac dan blower, biaya show dan lain-lain.

Justru kami sedih melihat teman-teman yang pada akhirnya harus menjual kembali kucingnya, karena tidak ada biaya untuk merawatnya. Hal ini menjadi satu faktor mengapa kita lebih baik untuk menjadi cattery resmi

  • Di forum-forum internet banyak yang jual kucing lebih murah, mengapa saya harus beli di cattery resmi seperti Prabu?
- Bebas penipuan. Tentunya sedang marak penipuan online, sudah banyak yang jadi korban. Hampir semua cattery resmi jelas penampakannya, alamatnya, orang-orangnya. Bisa ditemui di catshow-catshow besar. 

- Kesehatan dan perawatan yang terjamin. Tentunya kita menginginkan kucing yang akan menjadi anggota keluarga, berinteraksi dengan anak-anak, dengan kita, dan orang-orang dirumah. Bagaimana jika kucingnya mengidap penyakit? virus, bakteri, kutu, dan lain-lain. Untuk beli dari cattery resmi tentunya lebih terjamin, apalagi yang rajin mengikuti show/kontes. 

- Karakter kucing. Di cattery-cattery resmi cenderung memiliki karakter kucing yang lebih ramah dan manja. Karena interaksi dan perhatian yang intens setiap hari. Di Prabu Cattery sendiri, semua kucing pasti akan menghampiri manusia yang mendekat. Juga sangat patuh, tenang dan menurut ketika harus dimandikan dan dikeringkan.

- After Sales. Ketika membeli kucing dari cattery resmi, tentunya jaminan untuk konsultasi berkesinambungan dari expert yang lebih diakui. Karena banyak di dunia online yang hanya sekedar menjual kucing, tapi ketika ditanya-tanya tentang perawatannya, sang penjual tidak paham apa-apa. Pada akhirnya harus "mengganggu" cattery resmi dengan menjadi tempat bertanya, walau tidak beli dari cattery resmi tersebut. Tentunya tidak semua cattery resmi berkenan untuk ditanya-tanya dengan selain oleh adopter-nya sendiri.

- Bimbingan. Ada beberapa cattery resmi, seperti Prabu tentunya, yang terbuka dan support kepada adopter. Dibimbing hingga menjadi cattery resmi juga, dibimbing tentang cara perawatan yang baik, tentang bloodline dan lain-lain, Bahkan merekomendasikan import kucing dari cattery yang terbaik. Karena kami ingin adopter kami juga maju. Ketika adopter maju, dapat line bagus, tentunya kita tidak melulu harus impor kucing. Bisa tukar line dengan adopter. 

Maka mahal-murah menjadi relatif. 

  • Oke, saya tertarik beli kucing dari cattery resmi, lalu mengapa harga adopsi di cattery resmi beda-beda? Saya mau beli yang murah saja bagaimana?
Sekali lagi mahal-murah menjadi relatif...

- Seperti kata pepatah, ada harga ada rupa. Tentunya beda antara yang indukannya impor, dengan lokal. Kualitas anakan, jalur bloodline juga pasti beda. Perawatan maksimal dengan yang seadanya juga beda. Kualitas makanan, vitamin, catroom, juga beda. 

- Tidak semua cattery resmi terbuka untuk membimbing adopternya.

- Kualitas berbicara. Misalkan kita beli kucing betina, normalnya akan mengalami 6-7 kali lahiran seumur hidupnya. Misalkan satu kali lahiran rata-rata ada dua ekor bayi kucing, maka satu kucing betina akan memiliki anak kucing 12-14 ekor selama hidupnya. Bayangkan kalau cuma perbedaan harga induk yang sebenarnya tidak terlalu besar, akan mempengaruhi kualitas 12-14 ekor anakan... 

Bahkan ketika selisih harga induknya senilai satu ekor anak kucing pun, worth it untuk dikejar. Karena pengaruhnya akan ke 12-14 ekor anakan. Apalagi kalau kucing jantan, yang akan kawin ke beberapa betina, akan mempengaruhi puluhan anakan yang akan kita hasilkan nanti. Kualitas anakan kita nanti tentunya akan berpengaruh ke : lebih mudah mencari adopter, harga jual yang lebih baik. 

Sekali lagi, kejarlah kualitas. Jangan terlalu memperhatikan harga yang sebenarnya menjadi relatif dan hanya beda sedikit. Apalagi akan mempengaruhi kualitas semua anakan kita nanti. 

Kejar kualitas ini juga berlaku untuk kucing impor. Tidak semua kucing impor mesti bagus, banyak juga yang kalah dengan kucing anakan Indonesia. Beberapa catlover bernafsu untuk impor kucing, dengan harga yang tidak murah. Wajar, kami pun pernah mengalami. Menurut hemat kami, dengan biaya yang sangat mahal untuk impor, bukankah lebih baik memilih dan membeli kucing-kucing yang benar-benar bagus saja? Lebih baik bersabar...

Sama seperti di Indonesia, lebih baik bersabar untuk menunggu anakan-anakan dari cattery resmi yang sudah kita percaya. Daripada harus "berjudi" dengan membeli kucing dari tempat yang belum kita kenal.

- Penyesalan akan muncul belakangan. Setelah terbiasa dengan catshow, kontes, dan lain-lain, maka tentunya kita akan selalu menginginkan kucing yang the best. Sementara kemampuan kita memelihara kucing terbatas, tidak mungkin pelihara kucing dengan jumlah banyak. Akhirnya terpaksa harus menjual kucing-kucing lama yang kualitasnya dianggap biasa-biasa saja, yang kita beli hanya karena lebih murah saja. 

Percayalah, rasanya sangat tidak enak untuk menjual kucing-kucing lama. Selain karena tidak enak dengan cattery tempat kita membeli dulu, tentunya kita juga sudah terlalu sayang dengan kucing yang sudah kita pelihara lama. So, sebelum itu kejadian, dari pengalaman kami lebih baik pelihara yang bagus sekalian dari awalnya.


Penutup

Sekali lagi kembali ke tujuan kita pelihara kucing. 

- Kalau untuk sekedar pelihara dirumah tanpa niat untuk dikawinkan atau breeding, beli kucing kualitas pet/breed saja sudah cukup. Tapi tetap di cattery resmi, mengingat pertimbangan-pertimbangan seperti yang telah ditulis diatas. Daftar cattery resmi bisa cek di http://www.cattery.co.id/gallery-cattery/

- Jika ada niat breeding, atau malah menjadi cattery, tahan diri untuk hanya beli yang show quality dari cattery yang terpercaya. Lebih baik menunggu untuk mendapatkan yang terbaik.

- Jika ada niat breeding, juga menjadi cattery, tapi terkendala dengan budget, sebaiknya memang menabung dahulu. Jangan paksakan beli yang sesuai budget, karena ditakutkan akan menyesal di kemudian hari.

- Untuk yang masih pemula, bisa dibaca lengkap semua link yang terlampir diatas, untuk contekan harga kucing bisa kesini http://prabucats.blogspot.com/2013/05/berapa-harga-kucing-persia-di-indonesia.html 

Semoga tips-tips nya bermanfaat,
Ied Mubarak, Taqabbalallahu minna wa minkum
Mohon maaf lahir batin, selamat berkumpul bersama keluarga
Salam hangat dari Prabu Cattery

No comments:

Post a Comment