Monday, March 24, 2014

9 Fakta Ajaib tentang Jilatan Kucing





Kucing secara naluri akan banyak menghabiskan waktu untuk membersihkan dirinya. Mereka secara rutin akan menyikat dan menyisir bulunya sendiri untuk melepaskan bulu-bulu mati yang akan berakibat gimbal dan juga membersihkan kulitnya dari bakteri dan parasit. Ada beberapa alasan dan fakta menarik mengapa kucing melakukan hal tersebut, diantaranya


1. Kucing merawat sendiri bulunya untuk menjaga dari infeksi, tampak bersih, dan merangsang sirkulasi darah namun selain itu juga untuk mengatur temperatur badan.



2. Karena bulu tebalnya, apalagi Kucing Persia , kelenjar kucing tidak seefektif milik manusia. Dalam cuaca yang panas atau setelah aktivitas yang berat, seekor kucing tidak dapat melepaskan cukup banyak panas,



3. Dengan menjilatkan air ludah ke bulunya, akan membantu membuat badan kucing sejuk. Menjilat bulu juga merangsang kelenjar lemak kulit.



4. Kelenjar ini mengeluarkan cairan berminyak yang membantu bulu kucing kedap air. Cairan tersebut juga mengandung sedikit vitamin D, yang kemudian dapat ditelan oleh kucing. Jadi, selain vitamin D didapat dari menjemur kucing (yang biasa dilakukan di PrabuCattery.com ) , juga didapat dari menjilat.



5. Kucing akan meng-grooming dirinya dengan urutan yang sama. Hal ini berlaku untuk semua jenis kucing, termasuk kucing persia, kucing exotic, kucing mainecoon, kucing anggora, kucing sphynx, kucing bengal dan lain-lain. Pertama dia akan menjilat bibir dan cakarnya untuk kemudian menggunakan cakarnya yang basah untuk membersihkan bagian kepalanya. Saliva/ air liur nya akan menghilangkan bau yang berasal dari makanan dan menjadikan dirinya “tidak berbau” untuk menghindari musuh yang mendeteksi melalui bau.



6. Tahap selanjutnya, kucing akan menggunakan lidahnya yang kasar untuk meng grooming kaki depan nya, pundak dan sisi-sisinya.



7. Lidah kucing ditutupi oleh banyak sekali kait-kait yang kecil yang berfungsi untuk mengangkat bulu-bulu mati dan kusut


8. Tulang belakang kucing yang fleksibel membuat kucing dapat menjangkau bagian analnya, kaki belakang dan juga ekor. Lalu kucing akan menggunakan cakar belakangnya untuk menggaruk kepalanya.



9. Beberapa kucing yang tumbuh besar secara bersamaan kadangkala saling menjilat dan membantu grooming satu sama lain, hal ini dilakukan untuk membangun ikatan yang kuat diantara mereka. Bahkan menjilat majikannya terkadang dilakukan juga oleh kucing-kucing.


Bagaimana? sudah tertarik untuk memelihara kucing? bisa langsung cari Daftar nama cattery di indonesia di link ini.. http://prabucats.blogspot.com/2012/12/daftar-cattery-di-indonesia.html
Jika merasa harga kucing ras masih terlalu mahal, yuk kita perhatikan kucing-kucing domestik yang berkeliaran di sekitar rumah kita saja.. sayangi mereka :)

Semoga berguna..
Prabu Cattery
jangan lupa add kontak kami
0811 866 2060 (whatsapp)
(Pin BB 768D1E8C)
dan bergabung ke grup facebook Kucing Pedigree

No comments:

Post a Comment