Monday, February 24, 2014

10 Fakta Menarik Kucing Exo, si Kucing Persia Berbulu Pendek


Kapankah kucing Persia bisa dikatakan sebagai bukan kucing Persia? Adalah ketika ia seekor Kucing Exotic berbulu pendek (selanjutnya disebut kucing exo saja). Kucing ras ini adalah kucing favorit saya.

Sepuluh fakta menarik tentang ras Kucing Exo

1. Sejarah kucing exo adalah ketika breeder kucing ras American Shorthair ingin membuat variasi dari warna dan marking yang ada padanya. Seekor kucing American Shorthair di kawin silang dengan jenis Kucing Persia Silver (tentunya didahului dengan riset yang mendalam. Dont try this at home ya).

Hasilnya? Keluar ras baru pada tahun 1966 oleh Jane Martinke . Pada awalnya ia kawin silang kucing tersebut untuk mengeluarkan variasi warna bulu dan warna mata, namun dia juga mulai melihat perubahan dalam struktur dasar tubuh kucing juga.

 kucing american shorthair


 2. "Sterling" adalah nama asli yang diakui untuk ras kucing baru ini karena warnanya yang silver. Ras baru ini menyerupai Persia dengan wajah bulat dan hidung pesek (wajah flat). Alih-alih memiliki rambut panjang dari garis Persia mereka atau rambut pendek dari garis American Shorthair, yang keluar malah bulu atau coatnya yang tebal, mewah dan indah. (cocok mereka diberi nama exotic , bukan?)

3. Para breeder mulai mengikuti proses penyilangan ini, hasilnya adalah beberapa ras banyak yang disilangkan Persia. Beberapa menyilangkan Persia dengan Ras Burmese, Russian Blues, dan Himalaya. Hasil anakannya kemudian persilangan kembali ke Persia, bukan ke ras bulu pendek lainnya, karena hasil yang diinginkan adalah untuk mencari khas rambut pendek Persia yang indah itu .

4. Sebagaimana makin populernya Ras Kucing Persia, begitu juga Kucing Exotic berbulu pendek ini, Di Indonesia sendiri sudah banyak yang mengembangbiakkan dan jual kucing exo ini, salah satunya PrabuCattery.com. Dan setiap hari semakin populer!  Bahkan selama tiga tahun berturut-turut 2011, 2012, 2013, kucing persia dan kucing exo menduduki peringkat satu dan dua dalam Ras kucing paling populer di CFA.
bisa cek disini http://www.cfa.org/News/PressReleases/PressReleaseTop10Breeds.aspx

                     Hugo Boss, kucing Exo indukan di Prabu

5. Kucing Exo bisa memiliki bulu panjang! Biasa disebut exotic longhair. Walau begitu, Persia berbulu pendek tetap diberi label Kucing Exo. Gen yang menyebabkan bulu panjang bersifat resesif dan tidak akan pernah sepenuhnya dapat dihentikan karena awalnya memang disilangkan dengan Persia bulu panjang. Karena ada Kucing Exo yang carrier gen berbulu panjang.

6. Ekor kucing Exo biasanya lurus ke atas, seperti ras lainnya, termasuk Persia , bisa menahan ekornya melengkung di atas punggung. Ekor kucing Exo tebal bulat menyerupai sosis, juga fluffy.



kucing exo

7. Kucing ini lebih ramah dari Persia, tapi pemeliharaan tidak sesulit Siamese atau Oriental. Mereka cenderung lebih ramah dan lebih cerdas dari Kucing Persia.

8. Bulu mereka mudah rontok! Jangan hanya karena mereka berbulu pendek, bukan berarti mereka merontokkan bulunya kurang dari kucing Persia. Karena itu, perawatan mingguan diperlukan .

9. Ras ini memiliki pembawaan yang selalu penasaran. Mereka lebih berani untuk eksplorasi daripada nenek moyangnya yang berbulu panjang.

10. Ras ini adalah kucing manja, dan senang berada dipangkuan pemiliknya. Mereka tidak agresif untuk memaksakan apa yang dimaui ketika bersama pemiliknya , melainkan akan memandang kita untuk meminta izin dan menaikkan rasa keterikatan, kemudian TERIKAT ke dalam pangkuan Anda.

Dengan wajah Persia bulatnya dan bulu tebalnya nan indah, terlalu manis dah imut untuk dilewatkan ;)
mencari yang jual kucing ? cek disini http://prabucats.blogspot.com/2012/12/daftar-cattery-di-indonesia.html 
penasaran dengan harga kucing ? cek disini http://prabucats.blogspot.com/2013/05/berapa-harga-kucing-persia-di-indonesia.html


Semoga berguna,
Prabu Cattery
dari berbagai sumber

jangan lupa add contact kami
0811 866 2060 (whatsapp)
(Pin BB 768D1E8C)

2 comments: