Thursday, January 9, 2014

Peralatan yang wajib dimiliki catlover atau cattery


Gambar diatas terdiri dari :
- Tabung Oksigen
 ini penting untuk kondisi darurat, mungkin kucing kena asma, atau keracunan, susah pernapasan dll. Apalagi kucing dengan hidung pesek, sangat rawan dengan masalah pernapasan. Tabung oksigen sangat-sangat membantu menyelamatkan nyawa kucing lho! wajib ada!

- Nebulizer
 Karena kelembaban Indonesia yang sangat tinggi, belum lagi musim pancaroba, kucing sering dilanda Flu. Selain obat-obatan, cara efektif menghadapi flu adalah dengan alat ini. Pengalaman PrabuCattery.com sendiri, ada jenis flu yang hanya bisa sembuh dengan alat ini. Cara pemakaian dan dosis, tentunya sesuai anjuran dan resep dokter hewan ya..

- Suction
Ini sangat penting untuk anak-anak kucing yang baru lahir. Untuk menyedot cairan yang yang kadang masuk ke hidung bayi kucing dari air ketuban. Ini berakibat sangat fatal dan mematikan.

- Ruang inkubator 
Sebenarnya drybox yang di modif buat ruang inkubator hehe..


Gambar diatas terdiri dari
- Air Conditioner
Sangat penting untuk menjaga suhu ruangan kucing tetap di 22-26 derajat celcius. Suhu ideal untuk kucing, apalagi bulu panjang.

- Exhaust Fan
Tentunya untuk sirkulasi udara agar tidak pengap. Alat ini begitu penting ada di ruangan cattery, sehingga asosiasi ICA di Indonesia bahkan mensyaratkan exhaust fan harus ada untuk mendirikan cattery

- Air Purifier
Alat ini untuk membunuh kuman, kutu, virus, dsb. Tapi juga lebih ke penghilang bau, penyedot debu-debu dan bulu rontok, dsb.


- Dehumidifier
Inget ya, Dehumidifier, bukan humidifier! Dehumidifier itu untuk menurunkan tingkat kelembaban. Kelembaban kucing ideal ada di 40-50%. Sementara kelembaban umum di Indonesia 80-90% yang sangat kondusif untuk berkembangbiaknya jamur dan kutu. Dari pengalaman PrabuCattery.com, kelembaban tinggi juga membuat bulu kucing kusam, serta kurangnya nafsu makan..




- Blower
Tentunya untuk keperluan grooming atau mengeringkan kucing setelah mandi. Sebaiknya jangan gunakan hairdryer, tapi gunakan blower. Makin cepat kering makin bagus. Cari blower yang ada angin panas nya ya...

- Timbangan Bayi
Penting untuk kontrol berat badan kucing setiap hari. Ketika ada gejala penurunan, patut waspada.

Segini dulu, lain waktu kami tambahkan ya..
semoga berguna,
kalau mau tanya-tanya bisa ke akun twitter @prabucats atau FB kami https://www.facebook.com/prabucats

No comments:

Post a Comment