Tuesday, January 7, 2014

Kelembapan ruangan kucing persia

Sekedar share, baca dari literatur2 luar, suhu yg bagus buat cattery adalah 70-80F. Atau sekitar 22-26Celcius.

Dan kelembapan ideal 40-50%. Dimana pada titik kelembapan ini, jamur dan kutu ga bisa berkembang. Bahkan kalau ditekan hingga 40%, jamur dan kutu ga bisa hidup. Which is susah banget mencapai 40% di indonesia. Rata2 kelembapan ruangan di indo 70%. Sangat ideal untuk kutu dan jamur.

Untuk ketemu suhu ideal, bisa dengan AC. Untuk menurunkan kelembapan, bisa dengan alat dehumidifier. Ingat dehumidifier bukan humidifier. Harganya lumayan mahal

Foto diatas adalah kondisi ruangan di prabu. Suhu 24,8 celcius, kelembapan 48% . Smg sudah ideal ya...


ini tanya jawab dari grup facebook Kucing Pedigree
jawaban-jawaban dari Prabu Cattery 
1. Klo sy dehumid dinyalain pas pagi, sama maghrib. Karena kalau siang jam 10 sd magrib relatif stabil kelembapan (krn asupan cahaya matahari).

Sbnrnya yg fatal di masa2 pagi kyk gini.. Apalagi kalau mendung. Td tes matiin ac, nyalakan exhaust, buka pintu catroom, kelembapan 86% wow!!!

Langsung tutup pintu dan jendela lagi, nyalain ac hehe..

2. Kebiasaan cattery2 kan kalau pagi, semua jendela dan pintu dibuka, ac dimatiin, exhaust dinyalain. Dan dibiarin lama2 sampai siang. Pdhl disitu kelembapan tinggi, perhatiin deh suka banyak kucing bersin2 kan pas di posisi spt itu.. Dan jamur2 bebas bertelur/kembang biak di kondisi itu.

3. Jd kenapa kalau musim hujan kucing2 pd sakit? Sbnrnya faktor terbesar bukan krn suhu dingin, atau angin, tp karena tdk adanya cahaya matahari jadinya kelembapan melonjak naik...

Dulu pernah post di awal2, faktor kelembapan (menurutku) jauh lebih penti
ng dibanding suhu..

Penggunaan ac pun sbnrnya lebih ke penurunan kelembapan (ruangan jd relatif kering dengan ac). Karena kucing lebih kuat thd fluktuasi suhu (dibanding anjing).

Jdnya kupikir2, bulu kucing jadi kusam kalau tdk pakai ac, bukan karena faktor suhunya, tp krn faktor kelembapannya
 

4. Btw klo suhu sm kelembapan sdh bisa diatur, insya allah kucing sehat.. Nafsu makan tinggi. Dengan sendirinya kucing gemuk2, dan bulunya jg cantik2... Jd udah ga perlu vitamin2 macem2 deh...  
NB : besok aku sharing ttg pengaruh suhu dan kelembapan buat kucing 
yang mau join grup Kucing Pedigree, klik >> https://www.facebook.com/groups/pecintakucingpersia/
yang mau add pin bb Prabu 2684DC9C
 
Semoga berguna

No comments:

Post a Comment